Waspadalah, Ini Tanda-tanda Kolesterol Sudah Terlalu Menumpuk dalam Tubuhmu

Hal sepele yang bisa menyebabkan kamu mengalami masalah pada jantung, tak lain adalah kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuhmu.

Kolesterol dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, serta kebiasaan buruk yang menyebabkan kondisi badan menjadi obesitas.

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh memang tidak bisa dirasakan secara langsung, namun dengan sarana medis yang modern kondisi tersebut bisa terdeteksi, sebelum menjadi masalah lebih serius.

Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi memiliki beberapa masalah yang disebut sebagai gejala. Berikut adalah masalah kesehatan yang kamu rasakan saat kolesterolmu tinggi.

1. Jantung berdebar

Tanda pertama jika kamu memiliki kolesterol tinggi, maka kebanyakan detak jantungmu akan menjadi berdebar. Sebagian besar hal ini terjadi karena kolesterol tinggi dalam tubuh akan berakibat pada penyempitan pembuluh darah, yang menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah dengan normal seusai melakukan aktivitas intens.

2. Sakit leher dan kepala

Mungkin gejala yang satu ini sudah banyak dialami oleh beberapa orang, namun mereka enggan beranggapan bahwa masalah nyeri leher tersebut adalah tanda kolesterol tinggi.

Saat kamu mengalami masalah seperti ini, ada baiknya jika memeriksakan diri ke dokter. Karena masalah gangguan nyeri pada bagian leher ini, sangat berkaitan dengan peningkatan kolesterol dalam tubuhmu.

3. Bercak kuning pada kelopak tangan

Hal berikutnya yang bisa dijadikan tanda kalau diri anda memiliki kolesterol tinggi, yaitu bercak kuning pada bagian kelopak mata.

Mungkin sebagian orang tidak pernah memperhatikan bagian matanya, sehingga tidak tahu akan gejala penyakit yang sedang menyerang tubuh.

4. Sensasi kesemutan pada tangan dan kaki

Gejala terakhir ini, merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita masalah kolesterol tinggi. Beberapa orang lebih sering mengalami kesemutan pada bagian organ tertentu, khususnya pada bagian tangan dan kaki.

Demikian disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar, akibat dari sumbatan kolesterol yang menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *