Wajib tahu! Inilah arti warna darah haid yang ternyata bisa tunjukkan kondisi kesehatanmu

Setiap perempuan pasti mengalami haid atau menstruasi setiap bulannya. Siklus haid setiap orang pun berbeda-beda, bahkan mood pun juga bisa berubah-ubah. Tak hanya itu banyak perempuan yang mengalami haid merasakan nyeri atau kram di perut atau punggungnya. Namun ada juga yang merasa lemas sekujur tubuh. Bagi para perempuan tentu hal ini menjadi sesuatu yang mengganggu aktivitas. Tapi, tahukah kamu bahwa warna darah haid itu bisa ungkapkan kondisi kesehatan seseorang lho?

Dilansir dari akun instagram @pesonagadis ada 4 warna darah saat kamu mengalami haid lho Ladies, berikut penjelasannya:

1. Merah muda

Jika darah haidmu berwarna merah muda, itu artinya kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Atau dengan kata lain jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah kamu berkurang. Dengan kondisi yang seperti itu, seseorang seringkali merasakan letih dan lelah sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

Kemungkinan kedua, untuk kamu yang sudah menikah, jika darah haid kamu berwarna merah muda itu merupakan tanda awal kehamilan. Ya, itu tanda kamu sedang dalam masa kehamilan muda. Kenapa bisa begitu? Karena sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim bisa mengakibatkan pendarahan namun hanya sedikit dan hal ini masih wajar.

2. Merah terang

Wah, buat kamu yang darah haidnya berwarna merah terang itu artinya tubuh kamu dalam kondisi yang sehat. Namun, yang harus kamu ketahui jika warnanya tidak berubah selama 8 hari atau bahkan lebih, ada baiknya kamu segera ke dokter untuk memeriksakannya.

3. Merah tua

Jika darah haidmu berwarna merah tua selama 2-3 hari pertama itu masih dalam batasan normal. Namun, jika itu berlanjut ke hari berikutnya kamu harus segera memeriksakannya. Karena bisa jadi dalam rahimmu ada tumor yang tumbuh. Sehingga itu harus cepat ditangangi agar tidak terjadi hal-hal yang lebih membahayakan. Untuk kamu yang sedang hamil, jika darah yang keluar berwarna abu-abu, itu tandanya kamu telah mengalami keguguran.

4. Coklat tua

Nah, untuk yang darah haidnya berwarna coklat tua, kamu harus berhati-hati ya,karena hal itu menandakan bahwa darah yang ada di dalam rahim kamu telah beku sehingga peredaran darah yang berjalan ke arah rahim terlalu panjang. Namun, hal ini bisa diatasi dengan meminta resep ke dokter untuk memperlancar peredaran darahmu saat haid datang.

Namun, hal yang mengkhawatirkan adalah ketika warna darahnya itu kuning. Itu bisa mengindikasi jika dalam rahim kamu terjadi infeksi. Dan hal itu harus cepat ditangani oleh dokter untuk mencegah hal-hal yang bisa saja membahayakan kesehatanmu.

. Jika pada saat haid, warna darahmu ini berwarna merah muda, artinya dalam ilmu kedokteran, kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Namun jika kamu dalam masa subur dan sudah menikah, bisa jadi ini adalah tanda kehamilan muda loh! Sel telur yang sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim ini bisa mengakibatkan sedikit pendarahan pada wanita, jadi jangan khawatir ya, ladies! Merah terang seperti warna merah cranberi, maka artinya kamu dalam keadaan yang sehat. Dinding rahimmu melebur dalam kecepatan yang normal dan setelah haid­mu habis, tidak ada darah yang tersisa di dalam rahimmu. Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu dapet selama 8 hari atau bahkan lebih dengan warna darah seperti ini. Kamu harus segera memeriksakan dirimu ke dokter ya! Pada hari kedua dan ketiga, kamu pasti bakalan merasa bahwa darah yang keluar itu udah seperti pipa bocor yang gak berhenti­-henti. Bahkan terkadang mungkin ada gumpalan merah tua yang keluar dalam waktu 2­-3 hari ini. Tapi tenang ladies, jangan panik dulu, semuanya ini sebenernya normal kok karena rahimmu sedang bekerja untuk mengeluarkan gumpalan tersebut. Tapi jika hal ini terus berlanjut hingga hari ke­4 dan seterusnya, bisa jadi rahimmu tumbuh sebuah tumor dan kamu harus memeriksakannya segera ke dokter. Tapi jika kamu juga melihat ada gumpalan darah berwarna abu­abu, bisa jadi kamu sedang mengalami keguguran. Kalau warna coklat tua, kamu harus lebih berhati­-hati ya, ladies! Bisa jadi darah yang ada dalam rahimmu itu beku karena peredaran darah yang berjalan ke arah rahimmu terlalu panjang. Tapi jangan khawatir, kamu hanya perlu pergi ke dokter dan meminta resep untuk memperlancar peredaran darahnya saja. Tapi jika warna darahnya berwarna kuning, bisa jadi ada infeksi pada bagian rahim dan tentu saja kamu harus segera mencari dokter. Intinya periksakanke dokter kalau merasa ada yang tidak beres. Jangan coba hal yang aneh-aneh ya ladies . Follow @pesonahumor @dunia.unik ——- #pesonagadis

A post shared by PESONAGADIS (@pesonagadis) on

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *