6 Hal Ini Harus Dipersiapkan Sebelum Ramadan Datang, Biar Puasa Nggak Cuma Nahan Lapar

Setiap tahunnya, umat islam menanti kedatangan bulan Ramadan. Suasana religius terasa begitu kental saat bulan puasa. Beberapa tempat juga terdengar suara tadarus Al-Quran yang mengalun di rumah hingga masjid.

Banyak orang berbondong-bondong melakukan amal baik di bulan Ramadan, karena di bulan suci ini semua perilaku baik mendapatkan pahalan berlipat ganda.

Biar puasanya lancar dan nggak cuma nahan lapar aja, baiknya simak 6 cara mempersiapkan Ramadan sebelum dimulai.

Siapkan mental menghadapi rutinitas Ramadan

Rutinitas saat bulan Ramadan memang agak sedikit berbeda dengan hari-hari biasa. Umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan melakukan beragam sunah lainnya. Terawih setelah salat Isya dan sahur pada waktu dini hari adalah sunah yang sebaiknya dilakukan saat bulan puasa. Hal ini tentu mempengaruhi aktivitas yang biasa dilakukan setiap hari. Oleh karena itu sebelum Ramadan datang siapkan mental untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Perbaiki salah

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri atas kesalahan yang telah diperbuat baik kepada sesama manusia maupun pada Allah.

Sebelum bulan puasa datang sebaiknya berdoa meminta maaf atas segala dosa yang telah diperbuat. Hal ini diharapkan bisa memudahkan untuk menjalani ibadah dengan maksimal saat Ramadan.

Banyak membaca tentang keunikan Ramadan

Tak sabar menanti bulan Ramadan? Nggak ada salahnya lho buat baca-baca informasi mengenai keunikan Ramadan agar semakin termotivasi menjalankan ibadah. Hari gini informasi banyak tersebar di dunia maya. Tinggal gerakin jari, semua topik mengenai Ramadan berserakan di jagat maya.

Merencanakan menu puasa yang sehat

Nggak dosa, lho ngerencanaiin menu makanan selama bulan puasa sebelum Ramadan datang, Hehehe. Memiliki daftar menu sehat yang tertata rapi akan memudahkanmu saat memasak makanan untuk buka puasa. Meski tak sepenuhnya rancangan menu tersebut akan terealisasi, paling tidak kamu punya patokan. Improvisasi dikit nggak apa-apa, lah.

Belanja kebutuhan Idul Fitri sebelum Ramadan

Banyak orang ingin fokus beribadah saat Ramadan. Ada juga tipe orang yang tak suka bepergiaan saat puasa. Tak apa, kamu bisa menyiapkan kebutuhan bulan puasa hingga Lebaran sebelum Ramadan datang. Luangkan waktu sebentar untuk belanja agar mudahkan saat menjalani bulan puasa.

Membantu orang lain meringankan beban hidup

Bulan Ramadan yang datang terkadang juga diikuti dengan kebutuhan yang semakin membengkak. Pada situasi ini, tak ada salahnya untuk meringankan beban orang lain dengan membantunya memberikan sedikit rejeki yang kita punya.

Percayalah, tak ada perasaan yang lebih baik daripada mengetahui bahwa kita bisa berguna untuk hidup orang lain.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 Seluruh Indonesia

Apapun persiapanmu sebelum bulan Ramadan, semoga diberi kemudahan, yah. Semangat menyambut bulan suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *